Celebio Fasilitasi Jaringan Komunitas di 3 Kabupaten Sulut

Tomohon, Cybersulut.com – Celebes Biodiversity (Celebio) merupakan LSM yang bergerak pada pelestarian keanekaragaman hayati di Sulawesi, yang lahir dari pengembangan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan Mandiri Perdesaan (PNPM LMP). Celebio telah mempersiapkan beberapa program untuk mencapai tujuannya. Salah satu diantaranya adalah supporting terhadap radio komunitas yang berbasis konservasi dan memiliki tujuan akhir berupa penyadartahuan masyarakat terhadap lingkungan.

RADIO KOMUNITAS GELORA MANTEHAGE “107 FM” PANTAU KEGIATAN PNPM – LMP DESA TINONGKO

Sejak diluncurkan tahun 2008 PNPM – LMP telah menekankan transparansi dan akuntabilitas masyarakat sebagai salah satu prinsip utamanya. PNPM – LMP tidak mungkin berjalan dan memberikan dampak yang baik kepada masyarakat dan lingkungan hidup  tanpa peran aktif dan rasa memiliki dari masyarakat. Pada hakekatnya PNPM – LMP adalah program yang direncanakan, diusulkan, diputuskan,  dilaksanakan dan diawasi bersama oleh masyarakat. Atas dasar itulah kegiatan “Radio Komunitas sebagai media monitoring dan Evaluasi” ini dilaksanakan, agar prinsip akuntabilitas dan transparansi  program dapat terealisasi.

Monitoring Program Berbasis Masyarakat Melalui Radio Komunitas

Sejak diluncurkan tahun 2008 PNPM – LMP telah menekankan transparansi dan akuntabilitas masyarakat sebagai salah satu prinsip utamanya. PNPM – LMP tidak mungkin berjalan dan memberikan dampak yang baik kepada masyarakat dan lingkungan hidup  tanpa peran aktif dan rasa memiliki dari masyarakat. Pada hakekatnya PNPM – LMP adalah program yang direncanakan, diusulkan, diputuskan,  dilaksanakan dan diawasi bersama oleh masyarakat. Media komunitas adalah salah satu alat yang dapat digunakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas sosialnya, termasuk aktivitas pembangunan.